Belajar dan kuliah di Eropa
Kuliah

Beasiswa Ke Eropa Yang Paling Banyak Diminati Mahasiswa Indonesia

Beasiswa ke Eropa bisa dibilang sebagai pembuka jalan bagi mahasiswa Indonesia yang ingin menimba ilmu di sana. Meski ada banyak pilihan beasiswa untuk kuliah di Eropa yang bisa dipilih dan diajukan mahasiswa namun hanya beberapa saja yang kelihatannya paling banyak peminatnya.

Beasiswa Erasmus+

Sebelumnya beasiswa ini dikenal dengan nama Erasmus Mundus. Beasiswa Erasmus+ adalah beasiswa yang dibentuk dan didanai oleh komisi negara-negara Eropa (European Commission) untuk mahasiswa non Eropa yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang tinggi di Eropa. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa bisa belajar tidak hanya di satu universitas tapi di 2 atau 3 universitas di negara yang berbeda. Beasiswa Erasmus+ akan membiayai semua kebutuhan mahasiswa selama kuliah di Eropa mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, hingga tiket perjalanan. Pantas saja beasiswa ini paling banyak diincar mahasiswa Indonesia.

Beasiswa pemerintah masing-masing Negara di Eropa

Pemerintah masing-masing negara di Eropa juga menyediakan beasiswa  bagi mahasiswa Indonesia yang ingin belajar dan kuliah di Eropa. Beasiswa pemerintah ini umumnya full cover atau mencakup semua kebutuhan mahasiswa. Beasiswa pemerintah yang terkenal adalah beasiswa Chevening yang disediakan pemerintah Inggris, beasiswa DAAD yang disediakan pemerintah Jerman, dan beasiswa StuNed yang disediakan pemerintah Belanda.

Beasiswa LPDP

Kalau yang ini disediakan oleh pemerintah negara kita sendiri melalui kerja sama dari Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Agama. Tiap tahun pemerintah membuka lowongan beasiswa LPDP sebanyak 2 kali untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di universitas-universitas dalam dan luar negeri.

Beasiswa ini tidak pernah sepi peminat mengingat siapa saja bisa mengajukan aplikasi permohonan. Selain biaya pendidikan dan biaya hidup, komite beasiswa juga menyelenggarakan latihan kepemimpinan pada mahasiswa penerima beasiswa supaya mereka bisa menjadi pemimpin tidak kalah dengan mahasiswa-mahasiswa lain dari seluruh penjuru dunia. Ada persyaratan yang harus diingat oleh penerima beasiswa LPDP bahwa selepas masa studinya selesai, penerima beasiswa harus kembali ke Indonesia untuk membantu membangun negeri. Jangan begitu selesai pendidikan, tidak mau kembali ke Indonesia karena sudah mendapat pekerjaan yang lebih enak di Eropa.  Itulah 3 beasiswa ke Eropa yang paling banyak peminatnya. Mungkin termasuk kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *