jual trampolin
Playground

Bahaya Serta Tips Aman Permainan Trampoline

Permainan trampoline memang tengah menjadi salah satu sorotan masyarakat, terlebih dengan menjamurnya tempat yang jual trampolin. Hal ini tidak lepas dari minat anak-anak yang terus meningkat untuk mengikuti permainan tersebut. namun meskipun terlihat mudah untuk dilakukan, faktanya bermain trampoline membutuhkan keberanian tinggi dan keahlian tertentu, pasalnya dengan bermain trampolin, setiap anak dituntut untuk menjaga keseimbangan tubuh, utamanya menjaga kekuatan kaki yang dimilikinya, sehingga permainan tersebut pun dapat dinikmati dengan lebih maksimal. Bagi mereka yang tidak terbiasa bermain trampoline, tidak jarang diantaranya kesalahan pun dilakukan, sehingga beberapa akibat yang cukup fatal pun seringkali terjadi dengan mudah. seperti halnya beberapa bentuk cedera yang terjadi pada anak di bagian bawah ini :

  1. Benturan kepala,
  2. Patah tulang,
  3. Keseleo atau terkilir
  4. Memar, terbentuknya goresan atau bahkan luka, serta  
  5. Cedera pada bagian kepala juga leher (yang dapat menimbulkan kelumpuhan)

Merujuk pada beragam bentuk bahaya di bagian atas tadi yang tentunya bisa ditimbulkan dari permainan di bagian atas tadi, maka penting bagi anda untuk memperhatikan beberapa tips bermain trampoline di bagian bawah ini, sehingga permainan pun dapat dilakukan dengan lebih aman, diantaranya :

  1. Bagi anak-anak, sebaiknya permainan tersebut hanya diperbolehkan apabila disertai dengan pengawasan orang tua
  2. Satu bentuk permainan hanya dapat digunakan oleh satu orang saja. Dengan kata lain, sebaiknya trampoline digunakan secara bergantian dan bukan digunakan secara langsung oleh 2 atau bahkan jumlah anak yang lebih banyak. Hal ini patut untuk anda lakukan karena permukaan trampoline itu sendiri dapat berubah dari yang tadinya lunak serta elastis, justru akan cepat meregang serta menipis apabila digunakan oleh jumlah orang / anak yang banyak
  3. Hindari melakukan gerakan salto atau bahkan jungkir balik saat berada di atas trampoline
  4. Memastikan terdapatnya jaringan pengaman yang berada di area sekeliling trampoline
  5. Pastikan pula trampoline yang digunakan berada dalam kondisi baik, dan ditempatkan dengan benar
  6. Tempatkan trampoline di area yang aman
  7. Trampoline tentunya hanya dapat ditempatkan pada area yang memiliki permukaan rata
  8. Bagi anak yang baru saja belajar menggunakan trampoline maka penggunaan sabuk pengaman pun menjadi hal wajib yang harus dilakukan.

Demikianlah kiranya beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh permainan trampoline serta tips tepat untuk bermain trampoline dengan lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *