Rangka baja ringan untuk atap rumah
Bangunan

Saatnya Beralih Menggunakan Rangka Baja Ringan Atap Rumah

Baja konvensional dan kayu menjadi material yang dulunya banyak digunakan baik untuk membuat rangka atap maupun konstruksi rumah secara keseluruhan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, orang mulai mengenal material baja ringan yang memiliki berbagai keunggulan. Jika sedang merencanakan pembangunan rumah dan menimbang-nimbang jenis material apa yang seharusnya digunakan, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan rangka baja ringan atap rumah.

Baja ringan merupakan material baja berkualitas dengan sifatnya yang ringan dan tipis. Baja ringan dikelompokkan menjadi beberapa macam berdasarkan nilai tegangan tarik yang dimiliki (tensile strength). Kemampuan tegangan tarik tersebut umumnya dihubungkan dengan fungsi akhir baja ringan itu sendiri. Untuk produk yang bersifat struktural seperti ragka atap, jenis baja ringan yang digunakan harus memiliki tegangan tarik tinggi seperti baja G550. Baja G550 diartikan sebagai baja yang memiliki kekuatan tarik 550 Mega Pascal (Mpa).

Meskipun memiliki bobot yang lebih ringan dan tipis dari baja konvensional, tegangan tarik 550 Mpa bisa dijadikan sebagai andalan untuk menopang beban struktur bangunan. Ketebalan baja ringan umumnya berkisar antara 0,20 hingga 2,00 mm. Variasi ketebalan yang digunakan akan tergantung pada fungsi, berapa ukuran bentang baja dan besar beban yang nantinya ditopang. Ketebalan baja ringan memang sengaja dibuat lebih kecil dari baja konvensional untuk mengurangi beban struktur bangunan.

Kuda-kuda baja ringan memiliki ketebalan antara 0,45-1,00 mm. Kolom yang akan menopang beban lebih berat biasanya akan memiliki ketebalan antara 1,00-2,00 mm (ketebalan ini biasa digunakan pada profil C). Sedangkan baja ringan yang digunakan untuk genteng metal memiliki ketebalan 0,20 mm. Angka ketebalan tersebut terbilang paling kecil karena tidak ada beban yang dipikul sehingga angka ketebalan 0,20 mm dianggap sudah cukup.

Bisa dibilang kini baja ringan menjadi primadona. Kekuatan yang tinggi dengan bobot ringan membuat baja ringan untuk atap tidak akan membebani struktur bangunan yang ada di bawahnya. rangka baja ringan atap rumah juga dapat bertahan dalam waktu lama karena tahan terhadap karat yang menyebabkan korosi dan rayap yang dapat menyebabkan keropos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *