Portfolio cetak offset
percetakan

Berbagai Macam Finishing Cetak Offset

Cetak offset merupakan metode cetak yang umum digunakan. Dalam dunia cetak dikenal dua metode cetak yaitu offset dan digital. Cetak offset memerlukan tahapan panjang. Sedangkan cetak digital dapat selesai dalam satu kali proses. Produk percetakan offset banyak sekali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari dari mulai kalender, brosur, pamflet, kartu nama, buku bahkan hingga box nasi. Offset mampu menghasilkan produk dengan berbagai variasi yang rumit. Seperti misalnya untuk membuat sebuah produk amplop yang setidaknya memerlukan 4 proses finishing yaitu potong, pond, lipat dan lem. Untuk lebih mengenal proses finishing pada offset, berikut beberapa proses finishing yang sering sekali digunakan.

  • Potong

Setiap hasil cetak tentu akan melewati proses finishing ini. Karena menggunakan kertas ukuran plano, dalam satu kertas biasanya akan terdapat beberapa image cetak yang perlu dipotong dan dipisahkan satu persatu. Selain itu, hasil cetak juga perlu mendapatkan finishing potong untuk membuatnya menjadi lebih presisi. Buku yang sudah dijilid pun biasanya akan dipotong kembali pada bagian sisinya agar terlihat lebih rapi dan presisi. 

  • Lipat

Finishing ini juga sering sekali digunakan. Kertas hasil cetak dilipat menjadi dua, tiga atau bahkan empat bagian. Contoh produk yang banyak melewati proses ini adalah brosur, leaflet, undangan, buku, majalah, katalog dan modul. 

  • Embos

Finishing embos digunakan untuk membuat huruf pada cover menjadi lebih terlihat atau timbul. Hasil finishing embos seringkali ditemukan pada cover buku, modul, majalah, katalog, wedding card dan kartu ucapan

  • Jilid

Finishing jilid ada 2 jenis yaitu jahit kawat dan bending. Jahit kawat biasanya digunakan untuk finishing buku dengan ukuran tipis seperti buku tulis. Dalam bahasa umumnya, jahit kawat lebih dikenal dengan istilah staples. Sedangkan bending atau finishing dengan lem panas, digunakan pada buku dengan ukuran tebal seperti novel, majalah, katalog dan juga company profile. 

Bermacam-macam finishing offset inilah yang membuat percetakan offset mampu menghasilkan produk dengan berbagai variasi. Selain contoh-contoh finishing di atas, masih ada beberapa finishing percetakan offset lainnya yang perlu Anda ketahui. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *