Oli Mesin
Generator Set

Cara Merawat Genset Agar Tetap Awet

Jual genset silent sama seperti produk pada umumnya genset juga memerlukan perawatan khusus agar tetap awet dan tahan lama. Genset yang tidak dirawat dan dibersihkan akan menyebabkan turunnya kualitas genset sehingga mempengaruhi kinerja genset. Perawatan genset ini sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan, diperlukan perawatan yang khusus dan hati-hati untuk mencegah genset rusak. 

Pada perawatan genset itu sendiri diperlukan beberapa hal diantaranya adalah berikut ini. 

Periksa Oli Mesin Genset

Lakukan pemeriksaan oli mesin pada genset silent secara rutin minimal 4-6 bulan sekali. Ganti oli mesin yang sudah terlihat keruh pada mesin biasanya oil akan berubah menjadi kehitaman. Jika sudah seperti ini kualitas dan kadar baik dari oil tersebut telah hilang. Saat pengisian oli pada mesin genset lakukan dengan hati-hati dan usahakan tidak mengisi terlalu penuh.

 Periksa Air Suling 

Pada genset terdapat baterai yang harus terus diisi ulang secara rutin. Pengisian ini biasanya dilakukan pada jangka waktu tertentu setiap tahunnya. Jika pengisian tidak dilakukan dengan benar maka kemungkinan genset akan lebih cepat rusak 

Jangan Biarkan Bahan Bakar Kosong

Bahan bakar pada genset silent harus lebih diperhatikan karena jika bahan bakar dibiarkan kosong terlalu lama akan mengurangi kinerja genset. Jangan hidupkan genset saat bahan bakar dirasa telah sedikit untuk mengurangi terjadinya kerusakan. 

 Matikan Genset Saat Ada kejanggalan

Genset yang normal tidak akan menimbulkan getar yang terlalu keras. Jika genset silent Anda menimbulkan suara atau getar yang tidak seharusnya maka cepat matikan. Kemudian lakukan pemeriksaan pada genset dan kenali hal-hal yang membuat genset seperti itu. Jika ada kendala segera bawa genset pada teknisi yang tepat untuk diperbaiki. 

Bersihkan Genset Secara Rutin

Pembersihan genset dilakukan secara rutin dengan membersihkan debu-debu dan juga kotoran yang ada pada genset. Bersihkan radiator pada genset dengan cara yang tepat dan sesuai. Jika dilakukan secara rutin maka genset akan tidak mudah terkena karat dan terlihat usang. Serta menjadikannya lebih tahan lama dan juga awet.

Operasikan Di Ruangan Bersirkulasi Udara Yang baik

Saat menggunakan genset sebaiknya perhatikan terlebih dahulu sirkulasi udara yang ada pada ruangan. Hal ini berfungsi agar uap panas yang dihasilkan dari knalpot genset dapat dibuang dengan baik. Walaupun terdapat sistem pendingin pada genset, cara ini sebaiknya tetap dilakukan agar genset tidak cepat panas. 

Panaskan Genset Dengan Teratur

Sebisa mungkin panaskan genset dengan rutin dengan waktu kisaran 5 sampai 6 menit untuk menjaga agar pelumas oli pada genset dapat berjalan dengan lancar. Jika tidak sering dipanaskan kemungkinan besar  genset silent akan lebih cepat berkurang kinerjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *