kesuburan pada wanita
Alat digital,  Bisnis,  kesehatan

Cara Kerja Alat Tes Masa Subur Wanita

Guna memperbesar peluang kehamilan maka pasangan suami istri hendaknya melakukan hubungan suami istri tersebut pada saat tubuh wanita atau tubuh sang istri sedang mengalami masa subur atau masa ovulasi, yakni suatu masa pada saat sel telur pada tubuh wanita telah matang dan lalu terlepas dari ovarium dan lalu menuju ke rahim, yakni kira-kira sekitar pada hari ke 13 atau di hari ke 14 setelah masa haid atau menstruasi terakhir selesai terjadi, atau pada umumnya terjadi sekitar 16 hari setelah haid hari pertama atau rentang kurun waktu sekitar 14 hari sebelum waktu haid berikutnya. Dengan demikian maka sperma sang suami akan segera bisa bertemu dan menyatu dengan sel telur yang ada pada rahim tubuh wanita, atau sang istri, lalu terjadi kehamilan. Kemudian guna mengetahui tanggal atau waktu tepat saat masa subur atau masa ovulasi tersebut maka bisa dilakukan dengan menggunakan alat tes masa subur wanita. Dengan begitu maka hasilnya akan bisa lebih tepat dan akurat jika dibandingkan dengan sistem manual secara perhitungan kalender yang menghitung jangka waktu sesudah masa haid atau menstruasi selesai.

Cara Kerja Alat Tes Masa Subur Wanita

Jika test pack kehamilan itu mengukur tingkat hormon hCG yang terdapat pada urin wanita guna menentukan terbentuknya embrio yang ada dalam uterus wanita, maka pada test pack kesuburan atau alat tes masa subur wanita akan mengukur tingkat hormon LH pada urin wanita. Jadi media ukurnya sama, yakni sama-sama memerlukan urin dari tubuh wanita namun sasaran atau obyek ukur nya berbeda. Meningkatnya hormon LH pada tubuh wanita menandakan bahwa sedang berada pada masa ovulasi, atau masa subur, yakni masa ketika saat sel telur sudah matang dan lalu terlepas dari ovarium dan lalu menuju ke rahim. Hal ini ialah masa paling subur bagi wanita untuk bereproduksi. Alat test kesuburan yang telah terkena urin akan berubah warna dan bereaksi sesuai dengan kadar hormon LH yang terkandung di dalam urin tersebut.

Cara Melalukan Tes Masa Subur

Sebagaimana cara pakai alat uji kehamilan, maka cara penggunaan alat test pack kesuburan juga sama, yakni dilakukan dengan menggunakan urin. Teteskan atau basahi ujung alat tes masa subur  dengan urin dan lalu tunggu hingga selama sekitar lima menit, hingga muncul tanda negatif atau tanda positif. Tanda positif menunjukkan bahwa kadar hormon LH pada tubuh wanita yang diwakili dengan hormon LH pada urinnya adalah cukup tinggi, sehingga menjadi pertanda bahwa sedang mengalami masa subur, yakni ketika sel telur telah matang dan sudah terlepas dari ovarium dan telah berada di rahim serta siap untuk dibuahi. Sedangkan jika hasilnya adalah negatif maka hal ini menunjukkan sebaliknya, kadar hormon LH pada urin tidak cukup tinggi sehingga hal ini menandakan bahwa belum mencapai masa puncak kesuburan. 

Itulah cara kerja alat tes masa subur wanita tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *