Wanita Hamil
kesehatan

4 Prosedur Cek Kesuburan Bagi Wanita dan Besaran Biayanya

Jika anda ingin menikah akan disarankan untuk melakukan beberapa pemeriksaan yang berguna untuk mengetahui apakah anda subur atau mengalami gangguan pada sistem reproduksi. Anda perlu melakukan cek kesuburan. Terdapat berbagai jenis biaya cek kesuburan wanita. Untuk wanita biasanya ada 4 tahap yang harus dilakukan untuk melakukan cek kesuburan. 

Laparoskopi

Laparoskopi merupakan sebuah tindakan yang sering dilakukan untuk memeriksa organ tubuh seseorang. Dalam cek kesuburan prosedur ini dilakukan guna melihat bagaimana keadaan organ reproduksi wanita serta melihat apakah ada beberapa kelainan yang mungkin ada di organ dalam tersebut. 

Laparoskopi yang dilakukan untuk program kehamilan memiliki tujuan sebagai alat deteksi dini apakah ada abnormalitas dalam sistem reproduksi yang anda miliki. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa wanita yang melakukan laparoskopi untuk prosedur endometriosis memiliki peluang hamil dua kali lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak melakukan laparoskopi. 

USG Transvagina

Ketika anda melakukan pemeriksaan kesuburan, anda juga akan diminta untuk melakukan USG Transvagina. Hal ini bertujuan untuk melihat bagaimana kondisi organ reproduksi yang anda miliki. Selain digunakan untuk proses cek kesuburan ini juga bisa digunakan untuk melihat kehamilan ektopik, nyeri pada panggul serta bagaimana kondisi serta posisi alat kontrasepsi.

Histerosalpingografi

Salah satu prosedur yang menggunakan sistem radiografi atau rontgen yang bertujuan untuk melihat bagian organ reproduksi wanita. Nantinya anda akan diberikan cairan kontras terlebih dahulu dengan tujuan mempermudah gambaran saat melakukan proses rontgen. Proses ini bisa mendeteksi gangguan yang mungkin terjadi di organ reproduksi milik anda. Ini juga berguna untuk melihat abnormalitas yang mengganggu kesuburan seorang wanita. 

Histeroskopi

Proses yang bertujuan untuk melihat kondisi uterus dengan menggunakan alat bantu seperti teleskop yang disebut juga sebagai histereskop. Prosedur ini dilakukan tidak hanya sebagai salah satu bagian untuk penegakan diagnosa, namun juga bisa berperan sebagai prosedur yang harus dilakukan saat operasi. Kelebihan histereskopi yakni memungkinkan untuk mengetahui apakah anda memiliki polip, fibroid, bentuk rahim abnormal hingga kanker pada endometrium. Jangan lupa siapkan dana 1  – 3 juta untuk pemeriksaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *