fungsi hormon fsh dan lh
kesehatan

Perbedaan Fungsi Hormon FSH LH

Kebanyakan orang mengira hormon FSH dan LH hanya dimiliki oleh kalangan wanita saja. Padahal, kedua hormon ini juga ada didalam tubuh pria. Keberadaan hormon FSH dan LH ini berguna untuk membantu sistem reproduksi. Meski sama-sama menjaga sistem reproduksi, namun fungsi hormon FSH dan LH pada pria dan wanita tetap berbeda. Lebih jelasnya, berikut akan diulas mengenai perbedaan fungsi hormon pada pria dan wanita.

Fungsi Hormon FSH dan LH Pada Pria

Keberadaan hormon FSH dan LH di dalam tubuh pria berguna untuk memastikan proses pembentukan spermatogenesis atau sel sperma sehat berjalan dengan sempurna. Selain itu, sel sertoli pada bagian testis juga sangat membutuhkan hormon FSH guna menghasilkan protein pengikat androgen atau ABP. Protein ini nantinya berguna untuk merangsang pembentukan sperma sehat di dalam tubuh pria. Selanjutnya, kelenjar pituitari akan mengeluarkan hormon LH untuk merangsang sel leydig guna menghasilkan testosteron. Testosteron merupakan hormon seks pria yang dapat memproduksi sperma. Bila testosteron yang dihasilkan tubuh pria tergolong rendah maka dapat membuat kuantitas dan kualitas sperma menjadi menurun. Bahkan risiko terparahnya, dapat membuat pria kehilangan gairah seks, sering merasa lelah hingga disfungsi ereksi.

Fungsi Hormon FSH dan LH Pada Wanita

Sementara pada wanita, hormon FSH dan LH ini memiliki dua fungsi yaitu memastikan siklus menstruasi berjalan dengan lancar setiap bulannya dan menjadi pemicu ovulasi. Perlu diketahui, hormon FSH dan LH pada wanita akan memacu pertumbuhan sel telur dalam ovarium, mulai dari tahap awal pembentukan, pelepasan sel telur dari ovarium hingga akhir masa menstruasi. Berbicara mengenai siklus menstruasi, maka normalnya kadar hormon FSH yang ada dalam tubuh akan meningkat dan hormon LH akan menurun jumlahnya. Hormon FSH ini juga digunakan untuk merangsang sel telur untuk memproduksi hormon estrogen serta progesteron. Setelahnya sel telur ini akan dimatangkan untuk menyiapkan masa subur.

Ketika subur, estrogen mengirimkan sinyal pada pituitari untuk menghentikan hormon FSH dan sebaliknya mulai memproduksi hormon LH. Dengan adanya peningkatan hormon LH tentu proses pelepasan sel telur dari ovarium akan lebih maksimal. Patut diketahui, sel telur yang dilepaskan ini akan berubah menjadi folikel kosong atau korpus luteum. Korpus luteum ini nantinya akan melepaskan hormon progesteron untuk menebalkan jaringan dinding rahim. Proses ini sangat berguna untuk menjaga-jaga terjadinya pembuahan ataupun kehamilan.

Itulah beberapa perbedaan antara fungsi pada pria dan wanita. Dengan adanya ulasan diatas diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan bagi Anda semua yang sedang mencari info seputar fungsi hormon FSH dan LH pada pria dan wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *