ilustrasi-generator
Genset

3 Penyebab Umum Kenapa Genset Diesel Anda Gagal Start

Ada kalanya Anda kesulitan menyalakan genset diesel milik Anda. Hal ini sangat menjengkelkan khususnya saat Anda memerlukan genset tersebut sesegera mungkin. Ketimbang memaksakan genset untuk menyala, akan lebih baik mencari tahu apa yang menjadi penyebab genset gagal start? Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa segera mencari solusinya dan menyalakan genset tersebut sesegera mungkin.  

Masalah pada Baterai atau Aki 

Salah satu penyebab umum genset gagal start adalah masalah pada baterai atau aki. Masalah ini biasanya terjadi karena aki tidak kuat untuk menggerakkan mesin saat dinyalakan. Dalam kondisi seperti ini, putaran mesin kurang tinggi dan kompresi bahan bakar tidak sempurna. Kerja komponen yang tidak optimal membuat tidak terjadinya pembakaran di ruang bakar. Karena itulah, genset tidak akan menyala walaupun Anda sudah mencoba menyalakannya berulang kali. 

Cek air aki dan pastikan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan. Tambahkan air aki jika terlihat kurang. Ganti air aki jika perlu. Lakukan prosedur ini sebelum menyalakan genset. Selain itu, bersihkan terminal aki secara berkala. Bersihkan dengan air panas jika ada kotoran yang melekat. Periksa pula baut penghubung. Kencangkan terlebih dahulu jika kendor. Jangan lupa melakukan warming up atau pemanasan secara berkala untuk mengurangi timbulnya kerak. 

Masalah Pada Mesin

Bisa jadi genset diesel Anda berhasil menyala namun kemudian mati dan susah untuk dinyalakan kembali. Kondisi ini dinamakan mesin macet atau jammed. Masalah ini umumnya terjadi karena mesin overheating atau terlalu panas. Overheating biasanya disebabkan karena ada masalah sistem pendinginan atau pelumasan mesin. Panas yang dihasilkan tidak bisa disalurkan dengan baik sehingga membebani mesin. Semakin panas mesin, piston akan semakin memuai. Ukuran piston yang memuai lebih besar dibandingkan dengan silinder. Karena itu, piston menyangkut pada silinder sehingga mesin macet dan tidak bisa menyala kembali. Jaga sistem pelumasan dan pendinginan genset Anda untuk mengurangi resiko mesin macet.    

Masalah Bahan Bakar 

Masalah lain yang sering terjadi yang mengakibatkan genset gagal start adalah tercampurnya bahan bakar dengan air. Solar tidak bisa bercampur dengan air. Hal ini mengakibatkan berkurangnya jumlah solar yang masuk ke pompa injeksi dan ruang bakar. Efek dominonya adalah hasil pembakaran tidak kuat menggerakkan mesin. Yang lebih berbahaya lagi adalah air yang masuk akan menimbulkan karat. Karat akan mengganggu performa sehingga mesin sulit dihidupkan. Jika mesin bisa dihidupkan biasanya terjadi overspeed atau kecepatannya tidak terkendali. Karena itulah, Anda disarankan untuk menyimpan atau menggunakan genset ditempat yang kering. 

Untuk mengatasi hal ini, pastikan tanki mesin genset dalam keadaan baik. Jika kemasukkan air, kuras tangki kemudian keringkan. Tambahkan pula water separator untuk perlindungan ekstra. Dengan begitu genset diesel Anda dapat dinyalakan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *