masa subur wanita
kesehatan

Fungsi Aplikasi Kalender Masa Subur

Bagi wanita yang telah menikah, mengetahui masa subur sangatlah penting. Masa subur ini dapat diketahui dengan menghitung siklus menstruasi.

Apa saja fungsi aplikasi kalender masa subur? Simak penjelasannya berikut ini.

Mempercepat proses kehamilan

Pasangan yang menginginkan momongan bisa mulai menghitung masa subur menggunakan aplikasi kalender masa subur. Sebab, pembuahan pada waktu yang efektif akan membuat proses kehamilan semakin cepat.

Jika pembuahan dilakukan pada saat masa kurang subur, maka peluang untuk hamil akan lebih rendah.

Secara umum, masa subur wanita akan terjadi sekitar 7-19 hari pada periode menstruasi. Anda bisa merencanakan untuk mendapatkan buah hati dengan mengoptimalkan waktu-waktu Anda mengalami masa subur. Anda dapat melihatnya melalui kalender masa subur.

Sebagai KB alami

Bagi orang tua yang masih memiliki bayi ataupun balita, atau mungkin sedang fokus terhadap urusan pendidikan dan pekerjaan mungkin akan melakukan KB sementara untuk mencegah terjadinya kehamilan. Dengan mengetahui kapan terjadinya masa subur, maka Anda bisa melakukan KB alami.

Meskipun cara ini tidak bisa menghilangkan sepenuhnya peluang kehamilan ketika berhubungan seksual dengan pasangan.

Caranya adalah dengan mengetahui kapan masa subur berakhir. Pada akhir masa subur inilah biasanya peluang terjadinya kehamilan ketika berhubungan intim akan lebih kecil.

Deteksi dini masalah reproduksi

Anda bisa mendeteksi adanya masalah reproduksi dengan mengetahui masa subur. Masalah ini dapat berupa adanya kemandulan pada pasangan.

Gejala terjadinya masalah reproduksi dapat ditandai dengan adanya kopulasi ketika masa subur dengan frekuensi tinggi namun belum membuahkan keberhasilan. Dengan ini, Anda bisa cepat-cepat berkonsultasi kepada dokter terkait untuk mendapatkan informasi dan supaya Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Untuk dapat tetap mendapatkan informasi mengenai masa subur secara tepat, yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencatat secara rutin kapan hari pertama haid yang Anda alami dalam jangka waktu beberapa kali haid terjadi. Selain itu, jika Anda tidak memiliki siklus menstruasi secara rutin, maka Anda perlu mencatat siklus haid terpendek dan juga siklus haid terpanjang yang pernah dialami. Anda juga dapat mengeceknya melalui aplikasi kalender masa subur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *