ilustrasi waffle maker
Waffle Maker

Bagaimana Cara Mengoperasikan Waffle Maker?

Mesin waffle merupakan sebuah mesin cetak dengan bentuk beragam, seperti kupu, stik, hati, atau silinder. Mesin ini dioperasikan dengan bantuan daya listrik tinggi. Ada yang memiliki kekuatan listrik 1300 watt hingga 1700 watt, agar adonan waffle matang tanpa gosong. 

Jika Anda bingung cara menggunakan waffle maker, simak tutorialnya berikut ini yuk!

  1. Siapkan adonan

Adonan waffle dari toko jual waffle maker Anda kreasikan dengan varian rasa yang sesuai lidah, jangan terlalu encer atau kental karena hasilnya kurang maksimal.

  2. Panaskan terlebih dahulu 

Sebelum atau setelah adonan selesai, mesin bisa dipanaskan dahulu dengan mencolokkan kabel ke listrik. Waktu pemanasan sekitar 5-15 menitan.

  3. Olesi dengan mentega atau minyak 

Bagian dalamnya Anda olesi dengan mentega menggunakan kuas khusus mesin atau spatula. Mentega berguna sebagai pelumas adonan agar tidak lengket total. Sebenarnya, mesin waffle sudah dilengkapi dengan lapisan anti lengket, namun akan lebih bagus jika diberikan mentega.

  4. Tuang adonan memutar

Tuang adonan perlahan memutar hingga setengah atau ¾ bagian karena adonan akan mengembang saat akan matang. Perhatikan ya, cetakan bagian cekung adalah utama adonan masuk, bagian tutupnya akan mengepres. 

  5. Tutup alat 

Tutuplah waffle dengan baik, tunggulah adonan selama 5 menitan. Usahakan mesin tertutup dengan kuncian yang sempurna sehingga tidak ada udara masuk yang mengakibatkan cara menggunakan waffle maker gagal. 

  6. Angkat kue waffle 

Kecilkan dahulu suhu mesin jual waffle maker barulah Anda angkat adonan yang telah matang. Adonan matang berubah kuning keemasan dengan tekstur padat renyah. 

  7. Matikan mesin dan tunggu hingga dingin 

Setelah adonan terangkat matang sempurna, Anda matikan mesin dan diamkan hingga dingin. Setelah dingin, barulah dicuci menggunakan sabun khusus. Ada baiknya jika mesin waffle tidak digosok. 

Cara menggunakan waffle maker sangat mudah kan, nah Anda juga wajib merawat cetakan tersebut salah satunya dengan tidak merendam waffle kondisi panas, merendam di air sabun. Lempengan logam waffle maker akan sangat panas sekali, Anda wajib memakai sarung tangan tebal. Harga jual waffle maker cetakan ini mulai dari Rp. 1,4 juta – Rp. 3,5 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *